Kamis, 14 Februari 2013
















1.    VISI
“Terbangunnya tata kelola pemerintahan Desa yang baik dan transparan guna mewujudkan desa Tammangalle yang  adil, makmur dan sejahtera berlandaskan nilai agama dan budaya”.

2.    MISI
  • Menyelenggarakan urusan Pemerintahan yang bersih, transparan yang terbebas dari korupsi serta bentuk-bentuk penyelewengan lainnya yang bertentangan dengan Peraturan dan Perundang-undangan.
  • Melakukan evaluasi dan Reposisi di jajaran aparatur pemerintahan desa guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat berbasis kinerja.
  • Mengedepankan kepentingan masyarakat ketimbang kepentingan pribadi.
  • Menjalin kerja sama dengan lembaga desa dan menjadikan BPD sebagai mitra dalam urusan Pemerintahan, Pembagunan dan Kemasyarakatan baik penyusunan anggaran APBDesa maupun pembuatan Peraturan Desa (PERDES)
  • Memperkenalkan Desa Tammangalle kedunia melalui situs internet (situs Gratis) Blogging guna mempermudah masyarakat tammangalle mengakses berita tentang desa Tammangalle dengan satu kali KLIK


3.    KEBIJAKAN UMUM
A.    BIDANG PEMERINTAHAN
  1.  Penataan ulang kelembagaan dan aparatur pemerintahan desa melalui penciptaan etos kerja  berbasis Kinerja dan Potensi.
  2. Menjadikan aparat desa yang terbebas dari gagap tekhnologi
  3. Merancang peraturan-peraturan Desa yang lebih berorientasi kepada kualitas pelayanan dan kesejahteraan Rakyat.
  4. Melakukan penyegaran terhadap aparatur desa dalam upaya meningkatkan kepercayaan Masyarakat dengan melakukan evaluasi berkala 1 kali dalam satu bulan.
  5. Meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan-kegiatan dimasyarakat  termasuk didalamnya kegiatan yang didanai oleh APBD, APBN serta dari stack holder yang lain.
  6.  Pengusulan Pemekaran dusun yang regulasinya sementara digodok di kabupaten

B.    BIDANG PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN
  1. Memperluas lapangan kerja pada sektor-sektor produktif masyarakat, seperti pertanian, peternakan, perikanan, industri kecil dan rumah tangga, serta usaha lainnya yang potensial dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.
  2. Mengembangkan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) untuk mempermudah masyarakat mengakses permodalan dalam mengembangkan Usaha kecil dan Menengah terkhusus masyarakat nelayan dan petani
  3. Membuka seluas-luasnya kemitraan sejajar dengan pihak lain dalam upaya meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat seperti perbankan dan lembaga-lembaga keuangan lainya.
  4. Meningkatkan sarana prasarana yang berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap perekonomian Masyarakat sesuai dengan dokument RPJMdes.

C.    BIDANG PEMUDA DAN OLAHRAGA
  1. Mengaktifkan Remaja Mesjid yang sudah terbentuk dengan kegiatan-kegiatan keagamaan.
  2. Mengaktifkan karang taruna guna pemberdayaan pemuda desa tammangalle
  3. Memfasilitasi sarana olahraga yang dekat dengan mesjid agar pemuda remaja mesjid dekat dengan tempat ibadah
  4. Pengembangan sepak bola dan menjadikan sebagai olahraga unggulan desa tammangalle.
  5. Mengawal usulan desa dikabupaten yang  masuk dalam Renja SKPD tahun 2012 dan 2013.

D.    BIDANG KEAMANAN DAN KESEJAHTERAAN SOSIAL
  1. Mengedepankan stabilitas masyarakat dengan merangkul kembali masyarakat yang berlainan pilihan pada saat pemilihan Kepala Desa.
  2. Mengaktifkan Forum Kemitraan Perpolisian Desa dan hansip desa, yang mana salah satu program kerjasama antara Pemerintah Desa dan Pihak Kepolisian
  3. Menjadikan Pendapatan Asli Desa (PAD) sebagai operasional Desa dan Biaya sosial Desa Bukan pendapatan Kepala Desa
  4. Memaksimalkan kerja-kerja PKK Desa dengan berpedoman program pokok PKK

E.    BIDANG PENDIDIKAN DAN KESEHATAN
  1. Merangsang tumbuhnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan usia dini dan wajib belajar 9 tahun
  2. Mengintensifkan pemberantasan buta aksara dengan bekerja sama Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM di tingkat desa maupun antar desa )
  3. Mengawal dan mendukung program pemerintah tentang pelayanan kesehatan gratis bagi penduduk miskin baik yang terdaftar Jamkesmas maupun yang tidak terdaftar tetapi layak menerima.
  4. Mengupayakan Pembuatan Posyandu di Kappung Waitawar
  5. Melakukan lingkungan bersih dengan kerja bakti secara berkala

F.    BIDANG AGAMA DAN BUDAYA
  1. Pengembangan syiar Agama melalui Majlis taklim guna menciptakan masyarakat yang Religius.
  2. Menjadikan Maulid sebagai perayaan tahunan desa dengan cara bergilir disetiap mesjid desa guna mempererat kekeluargaan antar masyarakat Tammangalle
  3. Merangsang tumbuhnya seni budaya ditammangalle, budaya yang bukan hanya permainan atau tontonan tapi yang terpenting Budaya Sipakalaqbiq... (seperti apa pappasang tomindiolota) “Malilu sipaingarang.. Manus Siparappeq, Bemme sipawueq,...  dipeqgurui tau tongan-tongan menjari tau tongan.... tongan diloa.. tongan digau...
Categories:

0 komentar:

Poskan Komentar